Studi di Universitas Terbaik Singapura

STUDI DI UNIVERSITAS TERBAIK DI SINGAPURA

 

Anda ingin melanjutkan studi di luar negeri? Berbagai universitas di Singapura bisa menjadi pilihan terbaik anda karena Pendidikan di Singapura termasuk yang terbaik di kawasan Asia. Jadi sangat tepat bila negara tersebut menjadi tujuan anda untuk kuliah. Karena kualitasnya tidak jauh beda dengan berbagai universitas favorit di kawasan Amerika, Eropa dan Australia. Biaya kuliah dan biaya hidup di Singapura juga tidak begitu mahal. Berbagai kampus di Singapura membuka jurusan favorit yang sangat diminati. Tapi anda juga harus selektif dalam memilih kampus. Pastikan lembaga pendidikan yang anda pilih sudah mengantongi sertifikat edutrust. Karena edutrust merupakan sertifikasi standar kualitas yang ditetapkan oleh kementerian pendidikan setempat. Tujuannya adalah guna peningkatan kualitas pendidikan terutama bagi universitas swasta.

Inilah informasi tentang tiga Universitas terbaik di Singapura:

  • NUS (National University of Singapore)

Ini adalah salah satu ‘top universities’ yang berasal dari Asia, tepatnya Asia Tenggara, ‘National University of Singapore’ (NUS). Sesuai namanya, kampus ini berasal dari negara dengan luas wilayah tak seberapa yang bernama Singapura. Negara dengan julukan ‘Negeri Singa’ yang berpopulasi lebih dari 5 juta jiwa ini patut bangga memiliki universitas nomor 1 di Asia berdasarkan Asia University Ranking. Untuk ranking dunia sendiri, NUS berada di urutan ke-22 berdasarkan QS World University Ranking. NUS telah berdiri sejak 1905 di atas lahan seluas 1.83 km² di daerah barat daya Kent Ridge. NUS menerima sekitar 31.265 mahasiswa. NUS menawarkan program gelar tunggal S1, master, doktoral, dan diploma. Perkuliahan dilakukan di fakultas Seni dan Ilmu Sosial, Bisnis, Komputer, Kedokteran Gigi, Desain dan Lingkungan, Teknik, Hukum, Kedokteran, Sains, Kebijakan Publik, Sains Integratif dan Teknik, program Sarjana, Musik, Komunikasi Bahasa Inggris, Institut Sains Sistem dan Matematika dan Sains. NUS merupakan hasil gabungan antara University of Singapore dan Nanyang University. Ia memiliki 16 fakultas dan sekolah, di antaranya:  Arts and Social Sciences, Business School, Computing, Dentistry, Design and Environment, Engineering, Law, Yong Loo Lin School of Medicine, Duke-NUS Graduate Medical School Singapore, Science, dan Kuan Yew School of Public Policy.

Di sini merupakan lokasi dari kampus utama NUS. Selain di Kent Ridge, gedung NUS dapat pula ditemukan di The Bukit Timah dan Outram. The Bukit Timah khusus untuk Faculty of Law, Lee Kuan Yew School of Piblic Policy dan institut penelitian, sedangkan kampus NUS di Outram dikhususkan untuk Duke-NUS Graduate Medical School.

Fasilitas kampus

Dalam hal fasilitas yang menunjang pendidikan, NUS memiliki 7 buah perpustakaan, di antaranya yaitu: Central Library, Chinese Library, CJ Koh Law Library, Hon Sui Sen Memorial Library, Medical Library, Music Library, dan Science Library. Terhitung hingga Juni 2010, telah ada sekitar 1.5 juta judul di perpustakaan-perpustakaan NUS, serta sumber daya mikrofom sebanyak 23.290 yang melengkapi kekayaan koleksi perpustakaan ini. Pastinya saat ini jumlah tersebut sudah bertambah lagi. Judul-judul yang bisa ditemukan di sini meliputi: bidang arsitektur, bangunan dan real estat, ilmu komputer, bisnis, teknik, musik, kedokteran, hukum, kemanusiaan dan ilmu sosial.

Fasilitas lain yang dimiliki NUS yang patut pula diacungi jempol ialah fasilitas IT dan jaringan. Fasilitas IT NUS yang bernama NUSNET berada di bawah tanggung jawab Departemen IT, Computer Centre. Pada 2004, jaringan berbasis UD Grid MP dikembangkan sehingga mampu menghubungkan kurang lebih 1000 komputer di NUS. Dengan fasilitas ini, civitas akademik NUS dapat melakukan penelitian, pengajaran, pembelajaran, dan administrasi secara lebih sistematis dan mudah. Fasilitas yang dimiliki NUS ini sekaligus menjadi fasilitas IT yang terbesar di wilayahnya.

Tempat tinggal mahasiswa

NUS menjadi tempat berkumpul bagi lebih dari 37 ribu mahasiswa yang berasal dari 100 negara berbeda. Bisa dibayangkan bagaimana beragamnya latar belakang para mahasiswa di sana, sehingga memberikan iklim yang sangat berbeda sekaligus menarik, bukan saja dalam dunia perkuliahan tapi juga kehidupan sosial di NUS. Universitas inipun telah menjadi instansi pendidikan tertua yang ada di Singapura, sekaligus yang paling besar. Hal ini disebabkan oleh tingginya partisipasi mahasiswa di sana serta kurikulum yang ditawarkannya. Dengan jumlah tersebut, NUS pun menyediakan fasilitas tempat tinggal sebanyak 4 tempat, di mana 3 tempat untuk mahasiswa sarjana sedangkan sisanya diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana. Tempat tinggal mahasiswa sarjana meliputi Kuok Foundation House, Prince George's Park Residence, dan Ridge View Residence. Pada masing-masing tempat tinggal tersebut mahaiswa bisa memilih ruangan yang terbagi ke dalam 11 hingga 15 kluster. Setiap kluster telah dilengkapi pula dengan kamar mandi dan dapur yang memungkinkan penghuninya untuk memasak sendiri karena peralatan memasak pun telah tersedia. Sementara itu, tempat tinggal bagi mahasiwa pascasarjan yang bernama Graduate Residences memiliki karateristik yang berbeda dibandingkan dengan tempat tinggal lainnya. Graduate Residence menawarkan pilihan ruangan bertipe apartemen dan ruangan bagi penghuni tunggal (single room).

NUS memiliki area pula bernama Residential Colleges, di mana segala aktivitas civitas akademika NUS meliputi belajar, bekerja, dan aktivitas sehari-hari dilakukan di sini dalam jarak yang berdekatan. Residential colleges tersebut bernama NUS University Town (UTown). Ia berlokasi di kampus Kent Ridge, dan merupakan area baru karena didirikan pada Agustus 2011. Di sini terdapat sekitar 2.400 mahasiswa sarjana, 1.700 mahasiswa pascasajana, dan 1.000 peneliti. Terdapat 4 pilihan Residential Colleges lainnya di dalamnya.

Residential Colleges yang pertama bernama ‘Cinnamon College’. Cinnamon College menjadi tempat bagi University Scholars Program. Sebanyak 600 mahasiswa tinggal di sini bersama dengan fasilitas lainnya, seperti kantor fakultas dan administratif serta ruangan perkuliahan. Selanjutnya adalah ‘Tembusu College’. Ia menjadi rumah bagi mahasiswa sarjana, para penerima beasiswa, dan beberapa mahasiswa pascasarjana. Untuk bisa menempati salah satu dari tempat tinggal-tempat tinggal tersebut, mahasiswa perlu melewati tahap seleksi yang terbilang kompetitif. Para mahasiswa tahun pertama yang juga sedang menjalani masa matrikulasi perlu mengisi aplikasi yang dilengkapi esai, kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Sayangnya, hanya akan ada 200-230 mahasiswa yang terpilih pada satu tahun tertentu.

Museum kampus

Di universitas Singapura ini bisa ditemukan pula bangunan bernama The Lee Kong Chian Natural History Museum, sebuah museum dengan ukuran terbilang kecil dan berisikan lebih dari 500 ribu sampel flora dan fauna. Museum yang terletak di Department of Biological Sciences of the National University of Singapore ini menjadi bukti akan kekayaan dan keberagaman hayati di Singapura yang telah ada sepanjang abad. Selain museum, NUS juga memiliki konservasi musik hasil kerjasamanya dengan Peabody Institute of Johns Hopkins University pada tahun 2001. Semula ia bernama Singapore Conservatory of Musi,  namun kemudian diganti menjadi The Yong Siew Toh Conservayory of Music.

Sistem pendidikan di NUS

Terdapat keunikan yang dimiliki oleh NUS terutama jika dibandingkan dengan universitas lain di wilayah Asia. NUS menerapkan sistem pendidikan yang berbeda. Ia mengadaptasi sistem pendidikan Inggris, salah satunya sistem pengajaran melalui kelompok kecil (tutorial), sekaligus sistem yang dimiliki universitas di Amerika berupa sistem kredit mata kuliah. Mahasiswa NUS pun dimungkinkan untuk mengambil program double-degree atau mengikuti 2 program sarjana dalam satu waktu, sehingga dapat lulus dengan menyandang dua titel. Jurusan yang menyediakan program ini adalah Arts & Social Sciences dan Engineering, Arts & Social Sciences dan Law, Business and Engineering, serta Business dan Law.

Biaya kuliah dan beasiswa

Untuk urusan biaya, mahasiswa perlu mengidentifikasi asal daerahnya untuk mengetahui besarnya biaya yang harus dibayarkan. Mahasiswa yang merupakan orang Singapura asli akan dikenakan biaya yang berbeda dengan mahasiswa yang tercatat sebagai Singapore Permanent Residence (SPR). Begitu pula dengan mahasiswa asing yang harus membayarkan jumlah yang berbeda dengan kedua jenis mahasiswa tersebut. Selain itu, fakultas yang dipilih juga menjadi kriteria selanjutnya dalam menentukan biaya pendidikan di NUS.

  • NTU (Nanyang Technology University)

Didirikan pada tahun 1981, NTU adalah universitas negeri kedua terbaik di Singapura. Pada QS University Ranking 2016, NTU meraih peringkat ke-13 di seluruh dunia dan mengalahkan Yale University. Universitas ini memiliki fokus terhadap riset, dan saat ini memiliki 9 fakultas S1: akuntansi dan bisnis, seni dan desain, komunikasi, pendidikan, teknik, kedokteran, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu olahraga. NTU menyediakan pendidikan berkualitas untuk 33,000 pelajar undergraduate(S1) dan postgraduate (S2, S3), dan memiliki 4,300 tenaga pengajar dari 80 negara di dunia. Selain itu, NTU juga memiliki program studi keluar negeri untuk memperkaya wawasan global para pelajarnya.

Nanyang Technological University (NTU) menyediakan suatu penataan yang ideal bagi anda untuk mengembangkan kemampuan dan menjadi dewasa untuk meraih sukses di dunia usaha. Sebagai salah satu dari sepuluh universitas teknologi terbaik di kawasan Asia Pasifik, NTU telah berhasil membangun reputasi sebagai universitas industri dan bisnis di kalangan pengusaha. Jika anda adalah alumni NTU, anda dapat memastikan diri kalau anda sangat dihargai dan diharapkan di dunia kerja. Kini ada sekitar 15.000 mahasiswa di NTU, dan 3.250 di antaranya adalah mahasiswa internasional yang datang dari negara-negara lain seperti Malaysia, Indonesia, Vietnam, India, Hong Kong, China, dan Mauritius. Dengan pasti anda dapat berharap untuk terlibat dalam proses tukar menukar pengetahuan dan kebudayaan bersama mereka di dalam kampus. NTU telah membangun reputasi di kalangan pengusaha sebagai universitas yang memiliki visi industri dan kepandaian bisnis, dengan penekanan kuat di dalam hal berpikir kreatif dan pemecahan masalah. Hal ini berarti anda akan memiliki keunggulan di antara yang lain, dan juga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar industri. Salah satu keunggulan kita adalah luasnya pilihan pelajaran tambahan yang dapat anda pilih di luar pelajaran pokok yang ada. Contoh dari pelajaran tambahan ini adalah bahasa asing seperti Jerman, Perancis, atau Jepang, dan juga pelajaran lain yang dapat memperkuat penghargaan anda terhadap seni, komunikasi, dan kemampuan sosial.

Universitas yang terkenal

Gelar-gelar NTU adalah gelar yang diterima dan dihargai oleh banyak pengusaha, baik lokal maupun internasional. Jurusan-jurusan kita yang profesional diakui oleh badan-badan internasional yang berhubungan seperti IEE (Inggris) dan IMechE (Inggris). NTU juga memiliki hubungan kerja sama di dalam aktivitas belajar mengajar dan penelitian bersama dengan Universitas termashur seperti Massachusetts Institute of Technology, Cornell University, University of Tokyo, Cambridge University, Imperial College dan Stanford University.

Program khusus

Jika prestasi belajar anda menonjol di universitas, anda dapat memilih salah satu dari berbagai program khusus yang bertujuan untuk meningkatkan nilai pemasaran anda. Salah satu dari program khusus kita adalah program gelar teknik yang dipercepat, di mana para mahasiswa bisa menyelesaikan gelarnya dalam waktu tiga setengah tahun. Ada juga program khusus yang lain yang juga tersedia seperti Program pengembangan kemampuan di dalam kepemimpinan, dan program tukar menukar mahasiswa. Semua program khusus ini tidak hanya membantu anda dalam mengembangkan kemampuan teknik dan bisnis, tetapi juga memotivasi anda untuk meraih tingkat prestasi yang lebih tinggi.

Program gelar

    • Akuntansi: 3 tahun
    • Bisnis: 3 tahun
    • Teknik:
      • - Sipil dan Lingkungan: 4 tahun
      • - Elektro dan Elektronika: 4 tahun
      • - Mesin dan Produksi 4 tahun
    • Teknik Komputer: 4 tahun
    • Teknik Material: 4 tahun
    • Sains Biologi: 4 tahun
    • Studi Komunikasi: 4 tahun
    • Kesusasteraan (Pendidikan): 4 tahun
    • Sains (Pendidikan): 4 tahun
       
  • SMU (Singapore Management University)

Singapore Management University yang terkenal akan pendidikan manajemen bisnis berkualitas tinggi, telah merancang serangkaian program-program pascasarjana profesional untuk mempersiapkan para profesional menghadapi berbagai tantangan dari perekonomian Asia yang berkembang pesat. Disampaikan oleh lebih dari 350 anggota tenaga pengajar kelas dunia yang multikultur, ruang kelas bergaya seminar yang interaktif, di pusat keuangan Singapura. Program pascasarjana SMU menekankan pembelajaran multidisipiliner untuk mengatasi berbagai masalah internasional yang signifikan di Asia. Singapore Management University (SMU) adalah sebuah universitas terkemuka di Asia, dan diakui secara internasional untuk penelitian kelas dunia dan pengajaran yang benar. SMU didirikan pada tahun 2000 dan misinya adalah untuk menghasilkan penelitian terdepan dengan dampak global dan menghasilkan dengan basis yang luas, pemimpin kreatif dan kewirausahaan bagi pengetahuan berbasis perekonomian. SMU dikenal dengan interaktif dan teknologi yang memungkinkan pedagogi pengajaran bergaya seminar dalam ukuran kelas kecil. SMU didirikan sebagai universitas otonom Singapura pertama yang didanai publik yang menawarkan gaya pendidikan model setelah The Wharton School. SMU menempati kampus kota yang terletak di jantung sipil, budaya dan distrik bisnis Singapura. Dengan merintis program berorientasi bisnis, ekonomi, hukum, ilmu sosial dan teknologi yang memenuhi kebutuhan tersebut, SMU telah merumuskan pendidikan tinggi di Singapura. SMU adalah rumah bagi sekitar 8.000 siswa dan terdiri dari enam sekolah: Sekolah Akuntansi, Sekolah Bisnis Lee Kong Chian, Sekolah Ekonomi, Sekolah Sistem Informasi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial, yang menawarkan berbagai  program gelar sarjana, master dan PhD dalam berbagai disiplin ilmu. Penekanan ditempatkan pada peningkatan yang ketat, berdampak tinggi, penelitian multi-disiplin yang membahas isu Asia tentang relevansi global. Anggota fakultas SMU berkolaborasi dengan peneliti internasional terkemuka dan universitas dari Amerika Serikat, Eropa, China dan India serta dengan mitra dalam komunitas bisnis dan sektor publik melalui lembaga penelitian dan pusat. Kampus kota SMU adalah fasilitas yang terletak di jantung kota Singapura, membina hubungan yang strategis dengan bisnis dan masyarakat luas. Siswa internasional di SMU berasal dari India, China, negara-negara ASEAN serta lebih jauh seperti Eropa, Amerika Utara, Afrika, Timur Tengah, Maladewa, Jepang dan Korea Selatan. Mereka membawa ke SMU kekayaan keragaman dan semangat budaya, menciptakan lingkungan belajar di luar batas geografis dan memperkenalkan perspektif global. Pada bulan Maret 2008, SMU diakui di Singapore Education Awards untuk menarik jumlah yang lebih besar mahasiswa luar negeri yang berprestasi baik secara akademis dan sosial ke Singapura, dan pada bulan Maret 2009, sebagai tuan rumah terbaik bagi siswa internasional yang belajar di Singapura.

Pengakuan Global dan Tenaga Pengajar Kelas Dunia

SMU meraih beragam pengakuan dari lembaga akreditasi internasional untuk universitas muda dan inovatif. Para dosen dipilih dari universitas-universitas ternama di dunia dan merupakan pemimpin di bidang ilmu mereka. Selain anggota tenaga pengajar yang luar biasa, para praktisi industri juga menjadi mentor dalam kelas.

Pedagogi Interaktif

Pendidikan bergaya seminar interaktif SMU yang terkenal mempertajam kemampuan analisis kritis dan keahlian memecahkan masalah, sambil menyempurnakan kemampuan berkomunikasi, berpresentasi dan kepemimpinan.

Kurikulum Inovatif – Pilihan Jalur Cepat

Kurikulum bersifat praktikal, global dan bertanggung jawab secara sosial. Program dirancang secara cermat dan dapat dipercepat (fast-track) untuk menghindari gangguan kerja bagi profesional.

Jaringan dan Kesempatan Karir yang Tak Tertandingi

SMU telah membangun jaringan berharga yang terdiri dari dua sumber berkualitas – lembaga mahasiswa kalangan atas yang terdiri dari profesional senior dari beragam profesi serta hubungan ekstensif dengan bisnis nyata. Bersama, kedua kelompok ini menawarkan kesempatan jaringan bagi para profesional yang terdaftar di program SMU.

Kampus kota berlokasi di Pusat Bisnis

Kampus SMU yang berlokasi di pusat bisnis menyediakan lokasi yang memberikan inspirasi untuk studi bisnis. Dilengkapi dengan stasiun kereta sendiri, kampus ini mudah dicapai dari bandara udara Changi dan daerah kota lain.


Bagikan :
fb_gqindo googleplus_gqindo linkedin_gqindo twitter_gqindo

Inquiry Form to Study Abroad